Makan Murah dan Halal di Hawker Singapura Part 1

Pertama kali ke Singapura 5 tahun lalu bareng temen-temen kampus. Pas jam makan siang kita kebingungan cari makanan halal, paling bisa dijangkau cuma KFC dan harus ditempuh pakai MRT. Sampai KFC, eh harganya mahal dan porsinya kecil haha.

Ada yang pernah ngalamin juga nggak? ke Singapura susah cari makanan halal dan murah. Jangan sampe deh kayak aku dulu! bisa lemes di jalan karena traveling di sana bakal banyak jalan kaki.

Tahun 2017 aku ke sana lagi dan coba makan di beberapa food centre atau disebut juga hawker yang artinya pedagang kaki lima. Tapi kalau di Spore hawker itu berbentuk seperti food centre atau pujasera. Macam-macam jajanan, makanan berat dan minuman ada. Asyiknya ada makanan khas dari berbagai negara lainnya juga. Seperti Malaysia, Indonesia, Cina, Pakistan dan India.

Paling penting nih, makan di Hawker harganya murah-murah! tapi nggak semua makanannya enak. Mau tau mana aja yang enak? Yuk, simak ceritaku makan halal, murah dan enak di Hawker Singapura!

1. ABC Brickworks Food Centre

Transport ke sini aku tempuh dengan naik bis dan turun di Halte Blk 1. Nggak jauh dari halte, jalan sekitar 150 meter kita udah sampai di ABC Brickworks Food Centre. Tepatnya di 6 Jalan Bukit Merah, Singapura 150006.

ABC Brickworks

Bagi kalian yang Muslim, harus teliti memilih makanan di hawker satu ini. Karena lebih banyak menjual makanan non-halal dari pada yang halal.

Tapi tenang aja, penempatan dan pencucian piring halal dan non-halal dipisahkan. Karena sehabis makan kita juga harus mengembalikan baki dan alat makan pada rak khusus.

Rak piring kotor makanan halal berwarna hijau dan rak piring kotor makanan non-halal berwarna biru muda. Seperti ini nih raknya:

Rak Warna Hijau : Halal
Rak Warna Biru Muda : Non-Halal

Kondisi hawker ini menurutku sedikit kotor. Eh, tapi jangan disamakan dengan kotor di Indonesia ya haha. Karena pada dasarnya rata-rata tempat di Singapura itu emang bersih dan kinclong. Jadi saat masuk ke ABC Brickworks bakal ngerasa tempatnya sedikit kotor. Yah, namanya juga nyari makan murah meriah ;p nggak apa lah kotor dikit asal nggak jorok banget. Coba liat deh nih suasananya:

This slideshow requires JavaScript.

Sahabah Grill

Halal food pertama yang harus dicoba yaitu Sahabah Grill. Kios western halal food yang murah, enak dan porsinya puas! Posisinya berada di jajaran kanan dari pintu masuk dengan nomor kios #01-27. Harga mulai dari 5,50 SGD sampai dengan 11 SGD per porsi atau sekitar Rp 56.000 sampai dengan Rp 116.000 per porsi. Cekidot sajian menu yang aku pesan:

Grilled Lambchop – 9 SGD
Napoleon Tomato Spaghetti with Breaded Fish – 6,50 SGD
(dibungkus nih) Alfredo Cream Spaghetti with Grilled Chicken – 5,50 SGD

Mantap kan.. di jamin pencinta western food nggak akan nyesel makan di sini. Menu andalan aku di Sahabah Grill adalah Alfredo Cream Spaghetti with Grilled Chicken. Porsinya besar banget, creamy, daging ayam filletnya tebal dan besar. Emang nggak nanggung-nanggung ngasih daging ayamnya. Sampai sekarang aku ngidam sama Alfredo ini :'(

Sheikh Indian Pakistani Food

Tempat kedua adalah Sheikh Indian Pakistani Food. Letaknya nggak jauh dari Sahabah Grill, nomor kios #01-12. Berbagai makanan Pakistan dan India ada di sini. Ayam Tikka, Kebab, Nasi Biryani sampai dengan Chapatti. Harga kisaran 5 SGD per porsi tergantung pilihan lauk. Ini dia hidangan yang aku pesan:

Chapati dengan kari mutton
Nasi Biryani dengan Ayam Tikka

Kaget pas liat warna Ayam Tikka, merah banget! Apalagi kalau beli kuahnya yang lebih merah. Jadi rada ngeri makannya haha. Entah hanya Ayam Tikka di kios sini yang merah mencolok atau memang Ayam Tikka di Spore merah semua. Rasanya kaya akan rempah-rempah, cocok dimakan bareng Nasi Biryani. Porsinya besar dan bikin kenyang.

Nah menu favorit aku di sini adalah Chapati dengan kari mutton (mutton=daging domba). Chapati itu masih saudaraan sama roti canai. Rasanya juga nggak jauh beda, cuma tekstur Chapati lebih alot. Cara makannya disobek dan dicelup ke kari mutton. Karinya kental dan butiran daging cincangnya banyak banget. Nikmat pokoknya..

Jin Jin Dessert

Salah satu kios yang laris manis di ABC Brickworks adalah Jin Jin Dessert. Selalu ada aja yang ngantri di sini. Dessert andalan mereka adalah Liu Mang Bing atau Gangster Ice.

This slideshow requires JavaScript.

Liu Mang Bing artinya es mangga durian. Segar banget buat lepas dahaga di hawa Spore yang panas. Harganya murah! cuma 3 SGD atau sekitar Rp 31.500 per porsi.

Nusa & Tara

Nah ini kios halal food yang murah banget! Nusa & Tara restoran dari Malaysia. Kalian bakal nemu kios ini di jajaran koridor Sahabah Grill dan Sheikh Indian Pakistani Food.

Menunya ada Nasi Lemak, Gado-Gado, Mee Goreng, Lontong dan lainnya. Harga mulai dari 2 SGD sampai dengan 5 SGD per porsi atau Rp 21.000 sampai dengan Rp 53.000 per porsi. Rasanya juga nggak kalah enak sama halal food lainya!

Nasi Lemak

Itu dia beberapa makanan halal di ABC Brickworks. Sebenarnya masih ada yang lain, tapi yang berkesan di lidahku hanya itu. Terus cuma itu aja makanan halalnya? Nggak dong! Masih ada hawker lain yang aku bakal bahas. Berhubung ini udah panjang, jadi tungguin blog aku makan di Hawker Spore part 2 ya!

***

Tips cari makanan halal di Hawker Spore:

  • Cari banner kios bertulisan “Bismillah”, “Halal” atau ada huruf arabnya, karena biasanya itu halal.
  • Cari penjual yang orang Melayu, Indonesia atau abang-abang India Pakistan Arab 😀 karena rata-rata mereka menjual makanan halal.