Makan Murah dan Halal di Hawker Singapura Part 2

Suka liburan ala backpacker? makan di pujasera saat ke Singapura cocok untuk budget kalian. Selain harganya yang murah, porsi yang disajikan juga besar dan enak. Banyak banget pilihan makanan dari berbagai negara.

Seperti yang sudah aku bahas makan halal dan murah di hawker pertama ABC Brickworks Food Centre. Makan di ABC Brickworks memang kurang nyaman karena sedikit kotor. Tapi bikin balik lagi gara-gara makanannya yang mantap.

Jangan khawatir, meskipun beberapa terlihat kotor setiap kios di hawker punya nilai kebersihan. Jika diperhatikan pasti tertera nilai A, B, C, D di setiap kios pada kertas laminasi yang menggantung. Paling bersih diberi nilai A hingga paling rendah nilainya adalah D.

Pengalaman aku makan di beberapa hawker Spore rata-rata nilai kebersihan pada kios adalah A dan B. Nah, sekarang waktunya bahas halal food di hawker Singapura part 2!

2. Adam Road Food Centre

Sesuai dengan namanya hawker ini berlokasi di 2 Adam Road, Singapura 289876. Transport ke sini aku tempuh dengan naik bis dan turun di halte Opp S’Pore Bible Coll, setelah itu jalan 150 meter saja dan sampai deh di food centrenya!

Food Centre paling bersih di antara hawker lain yang aku datangi. Enaknya lagi, di sini posisi kios yang berjualan halal food dan non-halal food terpisah. Halal food berada di sebelah utara dari arah pintu masuk dan non-halal food berada di sebelah selatan.

disebrang sana.. jajaran makanan non-halal
Nah, nengok ke belakang jajaran makanan halal

Tidak seperti di ABC Brickworks yang posisi kiosnya lebih bercampur, sehingga membutuhkan ketelitian memilih makanan halal. Tapi.. tetep harus dilihat ya makan di Adam Road Food Centre, dari banner setiap kios. Gimana cara lihat kios itu menjual halal food atau bukan? sudah aku kasih tips di sini ya 😉

Dua kios nasi lemak paling terkenal bisa kalian temukan di sini! Nasi lemak terenak yang pernah aku coba. Mulai dari yang asli langsung dari Malaysia sampai resto lainnya di Singapura, rasa yang paling enak di lidahku adalah nasi lemak di Adam Road Food Centre.

No. 1 Adam’s Nasi Lemak

Kios nasi lemak pertama yaitu No. 1 Adam’s Nasi Lemak. Makanan favorit aku di hawker Adam karena saat disajikan masih ada butiran kasar santan di nasinya. Satu lagi yang nggak bikin lupa adalah sambal khas nasi lemak yang manis, gurih dan ada sedikit rasa terasi. Buat rasa menjadi lebih nikmat! Pokoknya beda dari nasi lemak seperti biasa deh!

Nasi Lemak Favoritku

Jangan kaget, karena setiap beli nasi lemak di sini pasti ngantri panjang banget. Kebetulan aja tuh foto di atas aku lagi ngantri di tengah-tengah, masih banyak orang ngantri di belakangku. Harga mulai dari 3,50 SGD sampai dengan 5,50 SGD atau Rp 35.500 sampai dengan Rp 56.000 per porsi tergantung lauk yang dipilih. Tersedia lauk ayam goreng, ikan goreng, ikan bilis, telur ceplok, otak-otak, perkedel dan rendang mutton.

Sutra Special – 5 SGD

Menu favorit aku yang di atas. Sutra Special! selalu pesan yang ini karena ada otak-otaknya. Seperti yang aku bilang di awal tadi, nasinya si Adam’s Nasi Lemak itu masih ada butiran kasar santannya (beneran deh itu bikin enak) dan cocok banget saat dimakan sama ayam terus cocol ke sambelnya. Otak-otaknya nih.. aku makan terakhir pake sambel, beuuh.. juara!

Selera Rasa Nasi Lemak

Kios nasi lemak kedua nih.. favorit suami aku namanya Selera Rasa Nasi Lemak. Kios ini antriannya lebih panjang daripada Nasi Adam’s. Rasanya sama-sama enak kok, malah sepertinya banyak yang lebih suka sama Selera Rasa. Tapi.. tetep! aku lebih suka Nasi Adam’s :p .

Selera Rasa Nasi Lemak

Siap-siap ya.. beli di sini ngantri lebih panjang dua kali lipat dari Adam’s Nasi Lemak haha. Harga mulai dari 2,90 SGD sampai dengan 5,90 SGD atau sekitar Rp 29.000 sampai dengan Rp 59.500 per porsi tergantung lauk yang dipilih. Tersedia lauk ayam goreng, ikan goreng, ikan bilis, telur ceplok, otak-otak dan perkedel.

Bungkus Selera Rasa buat di rumah
Royal Flush – 5,40 SGD

Tetep deh, yang aku pesan ada otak-otaknya. Royal flush! ada telur ceplok, sambel, otak-otak dan ayam goreng. Rasanya? enak banget! ini pelarian aku saat kios Adam’s Nasi Lemak lagi tutup, aku rela beli ini meskipun ngantri panjang :p

Oh ya! kalian nggak perlu capek-capek nyari dua kios ini. Posisi mereka gampang banget ditemukan, ada di paling kiri pada jajaran halal food. Lucunya, tempat mereka sebelahan! haha mudah-mudahan mereka berkompetisi sehat :’D

3. Tekka Centre

Buat yang udah laper banget nih dan ingin cepat makan tanpa milih-milih mana kios yang halal, ke Tekka Centre aja! rata-rata food stall di Tekka Centre itu halal, karena ada di daerah Little India tepatnya di Bukit Timah Road. Alhasil penjualnya banyak abang-abang India, Pakistan dan Arab. Banner kios juga banyak terdapat kata “Bismillah”nya.

Directory Map

Transportasi ke sini aku naik bis dan turun di halte Tekka Ctr tepat depan Tekka Centre. Sekalian nih, kalau beres makan bisa langsung jalan-jalan lihat Little Indianya Singapura. Yuk swipe fotonya lihat suasana di Tekka Centre:

This slideshow requires JavaScript.

Gimana? terlihat hectic yak! Hawker satu ini memang selalu penuh dan banyak orang mondar-mandir. Tapi enaknya bisa nemuin makanan halal dan murah dengan cepat. Makanan di sini umumnya bermacam-macam nasi dan roti seperti roti canai, roti prata, chapati dan bermacam-macam kari. Tapi masih ada juga seperti western food dan lainnya.

Satu hal yang membuat sedikit risih adalah tempatnya yang kotor di antara food centre lainnya. Sekali lagi aku bilang nih ya, jangan samakan kotor Indonesia dengan kotor Singapura ya! haha di level bersih Singapura, hawker ini termasuk yang kotor.

Allauddin’s Biryani Pte Ltd

Kios nasi biryani paling terkenal enak nih! Harganya 5 SGD atau sekitar Rp 50.500 kita sudah dapat porsi besar nasi biryani lengkap dengan ayam, kuah kari dan acarnya. Yum!

5 SGD
5 SGD

Rasanya nggak usah ditanya deh, nendang banget rempah-rempahnya! Enak dan kenyang karena porsinya besar. Bumbunya meresap banget ke daging ayam. Beda dari yang lain, Allauddin’s menyajikan acar yang bikin setiap suapan jadi nggak enek, seger!

Samad’s Tekka Dum Briyani

Nah, satu ini tidak hanya menyajikan nasi biryani tapi ada juga nasi goreng dan mie goreng. Harga mulai dari 4,00 SGD sampai dengan 6 SGD atau sekitar Rp 41.000 sampai dengan Rp 61.000 per porsi tergantung menu yang dipilih.

Dum Briyani Chicken – 5,50 SGD
Dum Briyani Chicken – 5,50 SGD

Bedanya, briyani ini pakai telur dan irisan bawang mentah serta timun mentah. Porsi lebih besar dari Allauddin’s! Kenyang banget dah. Rasa? nendang juga, kaya akan rempah-rempah. Tapi karena nggak ada acar, makannya rada sedikit enek. Kalau mau beli, mending satu buat berdua atau bawa pulang deh sisanya di bungkus 😀 .

BONUS!!!

Last but not least! Aku mau kasih tau makanan favorit saat di Spore tapi bukan di Hawker. Restoran dengan harga yang lumayan mahal tapi rasanya mahal juga! Ini nih:

4 Fingers Crispy Chicken

Siapa sih yang nggak suka ayam? pada suka kan! 4 fingers ini menyajikan ayam krispi yang dilumuri saus khas 4 fingers! enak banget asli.. Sayangnya aku nggak sempat foto ayamnya, cuma keburu foto burger, minuman dan kentang goreng haha.

Yum!
Lucu banget nih tisu basahnya “use me i don’t mind”

Outlet 4 fingers udah banyak banget di Singapore, salah satunya di Changi Airport pada #B2-02 Changi Airport Terminal 3. Harganya kisaran 10 SGD atau sekitar Rp 100.000 ke atas lah. Memang lumayan mahal tapi dijamin nggak akan nyesel! kalian harus coba 😀 wenak tenan!

Ada di Indonesia nggak ra? Beruntunglah kalian yang ada di Medan, karena 4 fingers buka outlet di Indonesia tapi hanya ada di Medan :'(

Bismillah Biryani Restaurant

Mau nasi biryani yang rasanya lebih medok??? ke Bismillah Biryani aja. Tempat ini bisa dibilang wajib untuk di kunjungi, karena terkenal banget di Singapore. Letaknya di Dunlop Street no 48 dan 50, di areanya Litte India juga nih. Harganya mulai dari 8,50 SGD sampai dengan 20,00 SGD atau sekitar Rp 86.000 sampai dengan Rp 202.000 per porsi nasi biryani.

Aku pribadi kurang cocok sama Biryani ini, karena medok banget rasanya. Rasa khas dari India banget gitu.. Tapi banyak banget yang suka sama Bismillah Biryani, termasuk suami aku haha. Karena restonya pun selalu penuh. Selain itu banyak juga dessert dan camilan yang harganya mulai dari 4,00 SGD atau kisaran Rp 41.000. Patut dicoba lah!

Waaah akhirnya, beres juga blogging semua makanan favorit aku di Singapore! Sempat terhambat sebulan karena sakit tipes (curhat) haha. Nggak bisa main laptop karena keleyengan 😀 . Alhamdulillah.. Semoga ini bisa menjadi rekomendasi kalian jika sedang wisata ke Singapore yak. Udah dulu 😀

See you! <3