Cara Instan Menghilangkan Kutu pada Kucing

Halo pencinta kucing! Pasti kesal kan, jika si Mpus kesayangan kita berkutu atau tertular kutu dari kucing lain. Selain kasihan melihat kucing garuk-garuk hingga kulitnya luka, si kutu juga bisa menggigit beberapa manusia lho. Alhasil, si pemilik bisa jadi ikutan buduk.

Sumber: www^lienanimal^com/catsandfleas

Hanya beberapa manusia? yup, entah kenapa kutu kucing hanya menggigit orang tertentu saja. Seperti yang aku dan Mamaku alami di rumah, ada kucing liar melahirkan di atap dan kutu-kutu nakal itu turun ke ruangan keluarga dan menggigit kita. Tapi yang tergigit hanya aku dan Mama, sedangkan Kakak dan Papa mulus-mulus saja kulitnya tidak tergigit.

Sumber: cats^lovetoknow^com/Can_Cat_Fleas_Bite_Humans

Bentol bekas gigitan kutu kucing itu gatalnya minta ampun! Tidak akan hilang si gatal dengan sekali dua kali garukan. Orang yang tergigit bisa terus menggaruk bentol sampai luka. Parahnya, sudah luka masih gatal juga. Kebayang dong kucing kita juga ngerasain hal yang sama, apalagi mereka berbulu dan tidak bisa mencapai semua anggota tubuh yang gatal.

Dulu aku pernah adopsi kitten dan berkutu parah (si Edo). Jadi sepertinya teman-teman Edo di peternak tersebut sudah berkutu dan dia tertular. Nah, karena aku termasuk orang-orang yang terpilih oleh kutu kucing (hahaha) jadi aku nggak bisa dong pelihara kucing kutuan. Bisa buduk kalau tergigit kutu lagi. Tapi si Edo ini sudah aku adopsi, bagaimana dong cara atasinya???

Si Tampan Edo yang sudah dewasa <3

Sesuai pengalaman pribadi, aku akan share cara basmi kutu pada tubuh Edo secara instan dan langsung bersih 90% dari kutu! yang perlu disiapkan hanya:

1. Minyak telon, aku pakai minyak telon My B*by yang anti nyamuk. Kenapa? ya biar lebih maksimal saja. Minyak telon tersebut mengandung sereh dan bau sereh tidak hanya mengusir nyamuk, tapi mengusir kutu kucing juga.

2. Wadah (baskom/ember/gayung), berfungsi untuk menampung air panas di poin ke 3 ya. Jangan pakai wadah yang terlalu kecil.

3. Air panas (bukan hangat lho ya). Air jangan terlalu mendidih juga, yang penting jari kita kuat dicelup ke air panas tersebut.

4. Sisir kutu kucing (jika punya)

Sumber: www^amazon^com

Kalau aku tidak butuh sisir, karena bisa mengambil/mencari kutu pakai tangan. Tapi bagi yang sulit mengambil/mencari kutu pada tubuh kucingnya, bisa pakai sisir kutu ini. Nah, bagaimana caranya? yuk simak..

Peringatan! Cara ini akan membuat bulu kucing kalian berminyak dan rancung-rancung. Sehingga butuh mandi minimal 2 kali sampai bulu kembali normal.

Pertama balur kedua tangan dengan minyak telon. Jika kalian termasuk orang yang sering tergigit kutu kucing, balur juga minyak telon pada kulit kalian yang terbuka. Itu berfungsi untuk menangkal kutu yang loncat ke badan kalian.

Kedua, pegang kucing dengan posisi senyaman mungkin. Karena biasanya kabur saat mencium bau minyak telon.

Ketiga, cari tempat kutu bersarang (biasanya di leher, ketiak, dan area wajah).

Keempat, tetes sedikit demi sedikit minyak telon ke tempat kutu bersarang. Area wajah, usap saja dengan tangan kita yang sedikit ada minyak telon. Karena khawatir membuat perih mata kucing. Jika berkutu seluruh tubuh, bisa ditetes ke seluruh tubuh juga. Jangan disiram ya, ditetes sudah cukup membuat kutu berlarian pindah tempat bahkan ada yang berloncatan lepas dari tubuh kucing.

Kelima, lalu ratakan minyak telon pada bulu kucing di area yang berkutu. Bisa dengan cara diurut-urut lembut ya.. Sampai bulu kucing terlihat rancung-rancung karena minyak. Nanti kutu akan langsung bermunculan dan loncat mencari jalan keluar karena bau minyak telon.

Keenam, ambil satu persatu kutu yang sedang bermunculan tersebut dan langsung celupkan ke air panas dalam wadah. Sehingga kutu tidak bisa loncat/terbang lagi karena terkena air. Pakai sisir kutu kalian jika kesulitan mencari pakai tangan. Lakukan hal ini sampai kutu tidak terlihat jalan-jalan lagi pada tubuh kucing.

Ketujuh, jika kutu sudah tidak terlihat jalan-jalan lagi, saatnya mencari kutu secara manual oleh tangan kita. Jaga-jaga jika masih ada satu atau dua yang masih menempel pada tubuh kucing.

Kedelapan, jika kutu sudah habis.. buang air yang penuh dengan kutu nakal tersebut ke WC dan siram! biar musnah semuanya! selesai deh.. 😀

Nah, terus bagaimana nasib si kucing yang sudah bete karena bau minyak telon? Kalau aku sih tidak langsung dimandikan, agar kutu-kutu yang berloncatan tadi tidak kembali ke tubuh kucing. Bahkan aku sampai mengisi sedikit air dan meneteskan minyak telon di baki bawah kandang. Agar selalu bau minyak telon dan kutu benar-benar pergi tidak kembali.

Baki kandang. Sumber: www^dogly^co^uk

Keesokan harinya kucing bisa dimandikan hingga bulu kembali normal. Oh iya agar lebih afdal perawatannya, setelah dimandikan aku kasih obat tetes kutu. Hal ini berfungsi untuk mencegah tubuh kucing terjangkit kutu lagi setidaknya dalam 30 hari. Kalian bisa beli di petshop dan nanti ditetes di area leher (area yang tidak bisa dijilat kucing).

Dari semua kucing-kucingku, Alhamdulillah cara ini sukses membuat mereka semua bebas kutu. Seperti Edo yang tidak pernah ada kutu lagi hingga dia dewasa. Sekian, selamat mencoba! 🙂

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: