Menjadi Narablog Menyimpan Momenku Lewat Foto dan Kata

Kriiiiiiing!!” Bel sekolah berbunyi, sudah waktunya istirahat. Aku keluar kelas dan berkeliling bertemu teman-teman.

Tar! Tara! mau bayar pulsa sekarang nggak?!” Kataku berbisik di depan pintu kelas Tara yang sedikit terbuka.

Besok ya Ir.. aku lupa ga bawa uang sekarang, janji deh besok ya besok..” Balas Tara berbisik padaku.

Tahun 2010 tepatnya, itu percapakan aku di jaman kelas 2 SMA yang mencoba jalani bisnis pulsa untuk semua operator. Pengalaman bisnis pertama yang membuat pertemanan aku jadi luas. Karena pembelinya mulai dari teman sekelas, teman satu sekolah sampai dengan para guru. Sekaligus pengalaman bisnis pertama yang membuat aku pusing karena banyak yang ngutang!

Beberapa temanku yang sering ngutang, suka minta isikan pulsa lagi lewat SMS atau BBM. Tapi dengan isi janji palsu “Besok dibayar pas istirahat ya” Jika diisi terus aku bakal rugi, tapi kalau nggak diisi aku nggak enak sama mereka. Ya! aku nggak enak sama mereka haha terbalik kan. Harusnya yang ngutang terus-terusan yang nggak enak. Tapi akhirnya aku isi juga deh pulsa mereka :’)

Memang dulu aku nggak enakan banget orangnya. Nggak mau pertemanan jadi rentan gara-gara pulsa. Sampai pernah uang jajan sendiri dipakai untuk tutup utang pulsa teman-teman. Karena sepulang sekolah bakal di audit sama Mama. Mama adalah orang pertama yang ajari aku bisnis. Kalau ada yang ngutang mama bakal ngomel karena aku akan rugi dan untung jual pulsa nggak seberapa, paling Rp 500 s.d Rp 700 per transaksi.

Berhubung banyak yang ngutang, kelas 3 SMA aku coba jual produk lain. Jualan nasi goreng bungkus dan makanan ringan. Nasi goreng seharga Rp 7.000 dan makanan ringan Rp 1.000. Semacam si Euis di Keluarga Cemara lah! haha bawa gembolan berat isi makanan dari rumah sampai sekolah.

Lumayan laris manis juga jualan makanan, sampai temanku si Billy mencarter nasi goreng buat sekelas untuk acara ulang tahun dia. Sedihnya kalau makanan nggak habis, bersisa dan kembali lagi ke rumah. Apalagi kalau basi terus jadi rugi deh.. Sampai akhirnya berhenti jualan karena mau fokus UN.

Nggak berakhir di situ, setelah lulus SMA dan melanjutkan kuliah aku berjualan sepatu lewat online. Ini salah satu pencapaian bisnis aku yang paling luas. Karena pembeli sepatuku bisa sampai ke Pontianak, Bali, Medan dan kota besar lainnya di Indonesia. Cukup membuat aku sibuk di sela kegiatan kuliah. Tapi banyak yang komplain gara-gara kualitas sepatu yang jelek dan tidak sesuai gambar. Lagi-lagi aku berhenti jualan karena banyak di protes konsumen.

Masuk ke dunia kerja tahun 2014 sambil bekerja aku berbisnis petshop melalui online. Banyak sekali peminatnya tapi tidak bisa aku penuhi semua permintaan konsumen, karena kewajibanku di kantor.

Mengenal Blog

Kok jualan melulu sih Ir? haha dari dulu memang suka jualan. Selain buat nambah uang saku, ada kepuasan tersendiri bagi aku jika produk terjual dari hasil jerih payahku. Hingga masuk ke tahun 2016 aku dikenalkan blog oleh teman yang sekarang menjadi suamiku hihi kita sebut saja si Mas B.

Aku bisnis apalagi ya Mas.. jual pulsa banyak yang ngutang, jual sepatu kualitasnya kurang bagus, pet shop online juga aku nggak bisa fokus gara-gara kerja..” Kataku ke si Mas B

Kamu coba deh jadi Blogger, kayak nulis diary gitu.. nulis artikel buat isi kegiatan kosong kamu.. atau bisa jualan barang-barang juga di website kamu sendiri” Jawab si Mas B.

Hmmm terakhir belajar tentang blog waktu kuliah dan sekedar memenuhi nilai mata kuliah aja. Akhirnya aku mulai membuat blog dan mendalaminya di bantu oleh Mas B. Hasilnya pada tahun 2016 aku hanya bisa menulis 3 artikel dalam setahun hahaha. Sedikit banget karena memang masih sibuk dan fokus pada kerjaan. Tiap mau nulis di sela-sela kerjaan, eh ada aja bos nyuruh kerjaan lain. Tapi sesungguhnya banyak banget yang aku ingin tulis di blog. Lalu sempat sama sekali tidak nulis pada tahun 2017.

Tertarik Menjadi Narablog

Sampai akhirnya aku menikah dengan Mas B dan pergi jalan-jalan ke Bali dan Lombok. Nah! saat itulah semakin tertarik menulis di blog dan berasa punya bahan untuk di tulis. Berbeda dengan 2016 yang isi blognya semaunya saja. Kali ini aku lebih terperinci dalam menulis yaitu tentang jalan-jalan, wisata kuliner dan pengalaman hidup. Mulai memikirkan slogan dan jadilah “Wara Wiri Sambil Motret dan Blogging!”

https://irafilanisa.com/

Berawal dengan cerita liburan dari Bali ke Lombok, aku luapkan semuanya lewat tulisan. Berbagi cerita rasa makanannya, tiket masuk tempat wisata, info harga sewa kendaraan semuanya aku tulis serinci-rincinya! Ternyata.. melihat hasil tulisan sendiri membawaku kembali pada momen itu. Canda, tawa dan duka terekam kembali, dan aku suka! Aku suka dan bangga menulis semua momen itu! Menjadi Narablog menyimpan momenku lewat foto dan kata.

This slideshow requires JavaScript.

Awal itulah yang membuat aku terus mencoba menulis. Mulai dari bulan September 2018 sampai dengan Januari 2019 aku baru bisa membuat 2 sampai 3 artikel tiap bulannya. Masih sedikit memang, tapi setidaknya aku sudah berusaha menjadi lebih baik dari 2016 dan 2017 haha! Banyak sekali cerita lainnya yang belum aku luapkan di blog.

Lalu akun instagramku mulai mengikuti para Narablog atau disebut juga dengan Blogger. Mereka sangat antusias dalam menulis dan saling merangkul antar Narablog di Indonesia, baik itu pemula maupun yang sudah ahli. Makin memotivasi aku lebih rajin lagi menulis di blog.

Melihat para Narablog yang aku ikuti di instagram ternyata selain bisa menyalurkan hobi, menulis di blog juga bisa menghasilkan uang. Mendapatkan penghasilan dari iklan jika lalu lintas pengunjung website kita sudah tinggi. Itu memang salah satu tujuanku, mengingat aku adalah anak yang suka bisnis dari jaman SMA dan senang melakukan hal yang menghasilkan uang hahaha.

Tapi untuk menjadi Narablog yang menghasilkan uang seperti orang lain, masih dalam tahap harapan bagiku. Karena aku masih pemula dan ingin menikmati menjadi Narablog yang menyimpan ceritanya dalam kata.

Aku mulai mengikuti beberapa kompetisi. Beberapa artikel sudah aku ajukan tapi hasilnya belum ada yang berhasil. Ya.. mungkin masih ada yang salah dengan cara menulisku. Tapi tidak boleh menyerah! aku mengikuti beberapa kompetisi lainnya. Hingga akhirnya melihat #KompetisiBlogNodi bertemakan “Bangga Menjadi #NarablogEraDigital ” di instagram. Langsung ku simpan di bucket list! sampai akhirnya aku membuat tulisan ini sambil mengasah kemampuan menulisku.

Harapan di tahun 2019 ini, aku bisa lebih rajin lagi menulis blog. Minimal 1 artikel dalam seminggu. Pelan-pelan akan ku nikmati prosesnya sampai tidak terasa mencapai harapanku menjadi Narablog yang informatif, bermanfaat bagi orang lain dan punya pembaca setia. Sampai terpuncak yaitu aku dapat penghasilan sendiri dari menulis di blog. Semoga harapan aku di tahun 2019 ini bisa terwujud dan terimakasih pada Bang Nodi yang sudah membuat kompetisi ini!

Akhir kata.. terimakasih sudah membaca Readers, see ya! <3