Daftar Perlengkapan Bayi Newborn yang Pasti Terpakai

Hi Readers! Khusus buat para calon Mama Papa nih.. kali ini aku mau sharing apa saja perlengkapan bayi baru lahir, yang harus disiapkan dan pasti terpakai. Jangan sampai beli ini dan itu, tapi akhirnya tidak terpakai. Sayang banget..

Nah, sesuai pengalaman aku yang baru jadi full-time Mama selama 2 bulan :’D daftar perlengkapan di bawah ini semua terpakai oleh anakku. Kecuali.. dengan catatan “bila perlu”, itu additional saja. Bisa dibeli untuk jaga-jaga, tidak dibeli juga tidak masalah. Yuk! simak.

Pakaian Bayi 0 – 3 Bulan

– Baju lengan panjang 6 pcs
– Baju lengan pendek 12 pcs
– Baju singlet 6 pcs
– Kaos dalam singlet 12 pcs
– Celana kodok/celana pendek 12 pcs
– Celana panjang 12 pcs
Jumper 6pcs untuk baju pergi
– Sarung tangan 6 pasang
– Sarung kaki / sepatu kain 6 pasang
– Topi bayi/kupluk 2pcs
– Bedong 12pcs
– Tatakan iler/slabber 2pcs
– Kacamata kain untuk berjemur 2pcs
Container box/lemari pakaian bayi
– Popok 12pcs (bila perlu)

Bisa bagi dua aja ya jumlahnya, untuk baju di rumah dan bepergian. Kalau anakku sih selalu pakai jumper untuk bepergian. Baju atasan dan bawahan untuk di rumah. Lalu kenapa popok additional? karena aku beli popok tapi tidak terpakai. Tidak punya ART dan semua dikerjakan sendiri, jadi tidak sempat untuk cuci popok.

Apalagi anakku ASI ekslusif yang poopnya 8-10 kali perhari. Rempong juga kalau cuci kucek jemur popok everytime :’) belum lagi mamanya harus makan, mandi, masak, beberes dll haha. Jadi anakku dari newborn pakai diaper. Tapi! harus rajin ganti setiap poop agar tidak ruam/lecet. Jangan menunggu diaper penuh.

Perlengkapan Mandi

– Sabun mandi hair & body (2in1)
Baby bath up/jolang
– Handuk kecil 1pc
– Handuk sedang 1pc/baby bather/jaring pengaman
– Handuk besar 3pcs
Washlap 2pcs
– Perlak
– Kapas bulat untuk bersihkan pantat bayi (beli yang banyak, akan terpakai terus)
– Tisu basah
– Tisu kering
Diaper
– Kantong plastik bekas untuk sampah diaper
– Baskom
– Mangkuk untuk wadah kapas basah
– Toples plastik untuk wadah kapas kering
– Kotak untuk wadah peralatan mandi bayi dan perawatan bayi

Sudah pada tahu cara mandikan bayi? coba cek di channel Youtube drtiwitv. Judulnya: Perawatan Sang Buah Hati – dr. Tiwi & Suster Lisma Meliana (Part2). Fyi nih.. Aku menyediakan 3 handuk. Handuk kecil untuk bersihkan sabun di badan bayi saat masih di perlak, agar tidak licin waktu celupkan dan mandikan bayi di jolang.

Handuk sedang untuk alas di jolang, karena bayi kulitnya sensitif jadi harus diberi alas lembut agar kulitnya tidak ruam terkena langsung lapisan plastik jolang. Bisa juga beli baby bather/jaring pengaman agar lebih mudah. Lalu handuk besar untuk mengeringkan badan bayi. Aku beli 3 handuk besar karena bayi suka tiba-tiba pipis saat dikeringkan, jadi sering ganti handuk.

Perawatan Bayi

Body lotion
Cream ruam popok
– Gunting Kuku berbentuk gunting
– Pengikir kuku
– Sisir bayi
– Penyedot ingus
Cotton bud
– Alkafil 4 dus kecil (untuk perawat tali pusar)
– Kassa steril 4 dus kecil (untuk perawatan tali pusar)
– Termometer
Baby oil (bila perlu)
Perfume (bila perlu)
Hair lotion (bila perlu)
– Minyak telon anti nyamuk (bila perlu)

Nah ini nih.. aku beli minyak telon, baby oil, hair lotion tapi akhirnya tidak terpakai. Kenapa? karena anakku ada bakat alergi. Saat itu semua dipakai, muncul bintik-bintik merah. Hanya Cethapil body lotion dan Sebamed diaper rash saja yang akhirnya cocok di kulit anakku. Jadi kalau mau beli, coba yang kecil-kecil dulu saja ya.. takutnya tidak cocok di bayi kalian.

Perlengkapan Tidur

– Selimut 2pcs
– Bantal peyang
– Bantal biasa
– Guling 2 buah
– Perlak
– Kelambu
– Sarung bantal dan guling
– Kasur bayi (bila perlu)
– Seprai 2pcs (bila perlu)

Karena aku direct breastfeeding jadi agak sulit untuk menyusui sambil tidur di kasur bayi. Kasur bayi punyaku belum terpakai saat ini. Anakku tidurnya di atas perlak. Jadi, lapisannya adalah kasur mamanya, perlak, seprai atau bedong dijadikan seprai, udah deh. Lalu ada bantal dan guling.

Perlengkapan Traveling

– Selimut tebal berhoodie 1pc (untuk di udara dingin/berAC)
– Selimut tipis berhoodie 1pc (untuk di udara panas)
– Gendongan newborn
– Apron menyusui 1pc
Diaper bag
– Perlak traveling
Stroller
– Peniti bayi (untuk menutup selimut berhoodie)
Pouch kecil

Stroller menurut aku penting banget. Apalagi kalau mama papanya senang jalan-jalan. Jika ada budgetnya, kalian bisa beli stroller yang bisa dipakai bayi mulai usia newborn. Seperti stroller anakku yang aku review di sini nih (klik!). Fyi.. selimut berhoodie itu bentuknya kayak bedong ya Mom, tinggal dilipat kiri dan kanan, kasih peniti deh!

Perlengkapan Menyusui

– Bantal Menyusui
– Handuk kecil
Milk and food warmer (bila perlu)
Cooler bag (bila perlu)
Ice gel (bila perlu)
– Botol susu dot newborn (bila perlu)
Breast pump (bila perlu)
Breastmilk glass bottle/kantong ASIP (bila perlu)

Bantal Menyusui, btw ini bantalnya aku jual murah haha komen ya yang minat

Bagi calon Mama yang bekerja, siapkan milk and food warmer, cooler bag, ice bag, dot, breast pump dan kantong ASIP yaaa. Jika yang ASI ekslusif, bantal menyusui sudah cukup banget, ditambah handuk kecil yang lembut untuk alasnya. Karena jika ASI ibunya deras, bisa meleber kemana-mana saat meng-ASI-hi

Perlengkapan Laundry

Detergent cair bayi
– Sabun cuci peralatan bayi (bila perlu)
Sponge untuk cuci perlatan bayi (bila perlu)

Aku cuci baju anakku pakai detergent cair khusus bayi. Sebelumnya pakai merek Sleek, lalu sekarang beli merek Cussons karena lagi promo wkwkw. Jika Mamanya nyetok ASIP, bisa beli sabun cuci peralatan khususnya juga ya..

Alhamdulillah selesai! blogging sambil was-was bayiku bangun haha. Gimana nih calon Mama Papa sudah lengkap belum? Cek juga tulisanku tentang daftar perlengkapan bersalin yang wajib dibawa ke rumah sakit,  di sini ya!

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: