Yuk! Lihat Ada Apa Saja di S.E.A Aquarium Singapura

Howdy Readers!

Wah akhirnya bisa posting lagi setelah empat bulan nggak blogging. Tulisan terakhir jarang blogging karena sakit tipes sebulan, sekarang apalagi Ra? haha. Alhamdulillah kali ini karena kabar baik! Sembuh dari tipes dilanjut dengan morning sickness :’D Yup! kehamilan pertama aku di bulan Februari 2019. Pas banget sembuh dari tipes langsung dua garis, Alhamdulillah.

Mual muntah yang aku alami selama hamil itu 4 – 5 bulanan. Sampai akhirnya belum bisa mencapai harapan aku yang ada di tulisan lalu (posting minimal 1 artikel dalam seminggu, haha). Oke! sudah cukup curhatnya, yuk mulai bahas S.E.A Aquarium.

Selain jalan-jalan ke Merlion Park dengan suasana kota moderennya, kita juga bisa lihat kehidupan alam laut di Singapura lho. November 2017 aku berkunjung ke di S.E.A (South East Asia) Aquarium, Sentosa Island, Singapura.

Sebenarnya banyak banget tempat wisata di Sentosa seperti Universal Studio, Madame Tussauds, KidZania dll. Tapi karena aku suka sama binatang jadi lebih milih ke salah satu akuarium terbesar di dunia ini. Cocok juga buat kalian yang berwisata keluarga apalagi bareng anak kecil.

This slideshow requires JavaScript.

Transportasi ke Sentosa Island aku tempuh dengan naik MRT, kebetulan naik dari Adam Road. Jalan sekitar 5 menit saja ke Stasiun Botanic Gardens (Entrance-A), lalu masuk ke jalur Circle Line (CC) untuk menuju ke Stasiun HarbourFront.

Sesampainya di HarbourFront, langsung keluar di Mall VivoCity dan lanjut ke level 3 untuk naik Sentosa Express menuju Sentosa Island. Eits! tunggu.. sebelum naik Sentosa Express jangan lupa beli tiketnya dulu ya. Harga tiketnya Rp 43,837/orang. Waktu itu aku beli e-voucher Sentosa Express di Traveloka.

This slideshow requires JavaScript.

Ada tiga stasiun yang akan dilewati yaitu Waterfront, Imbiah dan Beach. Nah, untuk ke SEA Aquarium turun di Stasiun Waterfront. Sebelum lihat akuarium jangan lupa foto-foto gratis dulu sama globe Universal.

Mohon maap nih kalau banyak foto selfie, berhubung kamera ketinggalan di Indo dan baru keingetan pas sampai Changi Airport. Alhasil foto-foto pakai kamera handphone haha.

This slideshow requires JavaScript.

Tiket masuk SEA Aquarium bisa dibeli juga di Traveloka dengan harga Rp 296,000/orang (dewasa). Siap-siap ya antrian masuk ke sini sangat panjang, bahkan sampai ada sistem buka tutup segala saking penuhnya.

Tapi tenang aja, nggak akan kecewa! iya dong, ada lebih dari 100.000 hewan laut di dalamnya. Banyak banget kan, ada apa aja sih Ra? Yuk! tengok sebagian hewan lautnya.

1. Naga Laut

Mirip Kuda Laut ya? iya memang saudaraan nih. Bedanya yang ini ada sayapnya. Naga Laut atau sebutan lainnya adalah Common Seadragon berasal dari Australia. Ukuran tubuh juga sama dengan kuda laut, lucu deh unik banget.

2. Upside Down Jellyfish dan Moon Jellyfish

Kalau satu ini bikin gemas! Ubur-ubur upside down. Kenapa disebut seperti itu, karena berenang naik dan turun dengan kepala terbalik. Nama lainnya adalah Cassiopea Ornata. Warnanya macam-macam ada cokelat, abu-abu, putih dan biru.

Ternyata ubur-ubur ini asli hidup di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Mereka juga tidak menyengat lho, berbeda dengan Moon Jellyfish yang bertubuh transparan dan punya sengatan di tentakelnya.

3. Razorfish/Shrimpfish

Razorfish atau Shrimpfish, ikan kecil bertubuh ramping dan kemana-mana selalu berkelompok. Ikan biasanya berenang dengan posisi horisontal kan. Nah, uniknya ikan Shrimpfish ini berenang dengan cara vertikal! seperti handstand haha.

4. Ikan Moorish Idol

Moorish Idol

Siapa yang tahu dengan si Gill temannya Nemo? ada juga lho di SEA Aquarium. Ikan putih kekuningan dengan garis-garis hitam ini bernama Moorish Idol, yang tinggalnya di sekitar terumbu karang.

5. Japanese Spider Crab

Japanese Spider Crab

Nggak heran disebut spider ya, kaki panjangnya memang seperti laba-laba. Kepiting ini hidup di lautan Jepang. Tubuh spider crab bisa mencapai 40cm dan panjang kakinya bisa mencapai 5,5 meter! wow. Kepiting raksasa!

6. Ikan Pari

This slideshow requires JavaScript.

Ikan Pari yang besar sampai imut-imut ada di sini. Aku paling terkesan lihat bayi Pari di satu bak kaca terpisah dan jinak banget! Saat kita tempel tangan kita di kaca, bayi Parinya nyamperin dan kayak ingin dipegang. Gemas!!

Selain itu Pari dewasa seperti Pari Manta juga berlalu-lalang di akuarium terbesarnya.

 

7. Ikan Hiu

Nah ini bagian yang paling menegangkan. Saat pertama masuk kita akan jalan melalui koridor panjang dan diatasnya banyak hiu berlalu-lalang. Mulai dari Hiu Martil, Hiu Banteng sampai dengan Hiu Perawat atau Nurse Shark! haha.

Pernah dengar Hiu Perawat? aku juga pertama kali lihat di SEA Aquarium, bentuknya kayak ikan lele versi gede. Ikan Hiu yang berkumis, coba yang belum tau langsung cek videonya nih:

8. Tabung Raksasa Berisi Koral dan Ikan Tropis

This slideshow requires JavaScript.

Dalam tabung raksasa itu banyak banget ikan tropis kecil-kecil yang berwarna-warni. Indah <3

9. Moray Eel

Sempat berpikir, kenapa ya Belut Moray diberi tempat seperti mangkok di atas? Ternyata karena belut ini aslinya senang bersembunyi di terumbu karang dan termasuk hewan nokturnal. Jadi, sepertinya fungsi mangkok itu untuk mereka bersembunyi sesuai dengan habitat aslinya ya.

10. Horseshoe Crab

Horseshoe Crab atau di Indonesia disebut juga Belangkas. Pertama kali lihat Belangkas aku bingung, ini ikan pari kecil jenis bercangkang atau apa? karena dia punya ekor mirip ikan pari. Tapi punya kaki berjalan seperti kepiting haha. Ternyata dia bukan kepiting bukan juga ikan pari.

11. Alligator Gar Fish

This slideshow requires JavaScript.

Salah satu ikan primitif nih, ikan Alligator Gar yang berasal dari perairan Amazon. Mulutnya mirip dengan buaya dan habitat aslinya rata-rata di rawa. Hebatnya di atas bak kaca ikan ini, SEA Aquarium membuat tempat semirip mungkin dengan rawa-rawa. Fiuh.. memang nggak akan ada habisnya kalau aku sebutin semua, karena masih banyak lagi hewan laut yang memukau di SEA Aquarium.

This slideshow requires JavaScript.

Oh iya! nggak cuma lihat-lihat akuarium aja kok di sini. Kita juga bisa sentuh-sentuh cantik hewan laut di TouchPool. Seperti bintang laut, kerang, ikan kecil, dan terumbu karang. Ingat! sentuh cantik nan lembut ya! kayak gini nih:

Selain itu, kita bisa juga bikin Penny sendiri dengan berbagai macam bentuk hewan laut lho. Dalam tengah perjalanan akan ada Mesin “Press a Penny”. 

Aku Dapat Penny Bentuk Manta Ray

Cukup dengan 2 SGD kita sudah dapat kenang-kenangan dari SEA Aquarium Singapore. Cara membuat pennynya juga unik!

Terakhir! yang paling bikin aku semangat adalah di dalam ada yang jual cotton candy. Beda dari biasanya gagang cotton candy ini pakai lightsaber haha. Kelap kelip warna-warni gitu, lucu deh. Harganya aku rada lupa, kisaran 7SGD-8SGD. Beli nggak Ra? beli dong!

Lightsaber Cotton Candy 

BONUS!!

Info bagi para perempuan nih, yang sudah sampai di Mall VivoCity. Sebelum masuk ke Sentosa Island, jangan lupa mampir dulu ke LUSH Fresh Handmade Cosmetics.

Banyak banget skincare dan Bath Bomb unik di sana, dijamin happy! Kayak aku yang kesenengan nemu si Lush ini :D. Pulang dari Sentosa Island tinggal mandi pakai Bath Bomb Lush yihaaa!

Oh ya, hati-hati banyak ulat saat nongkrong di luar SEA Aquarium 😀 Bubye!
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: