Citymapper Aplikasi Anti Nyasar Saat Traveling

Selain Google Maps, aplikasi yang harus disiapkan sebelum traveling adalah Citymapper. Aplikasi ini memandu kita keliling kota dengan mencari transportasi apa yang akan digunakan ke tempat tujuan. Lalu di kota mana saja Citymapper bisa digunakan?

Hongkong, Singapura, Seoul, dan Tokyo adalah kota di Asia yang sudah masuk daftar Citymapper. Selain itu banyak kota lainnya yang terdaftar seperti Sydney, Melbourne, London, Paris, Istanbul, NYC dan masih banyak kota lainnya di US, Kanada dan Eropa.

Indonesia belum termasuk ya? Yup! Sayangnya belum ada. Tapi kita bisa lho memberi vote di aplikasi untuk kota-kota Indonesia, agar kedepannya bisa ada di Citymapper dan mempermudah turis berkeliling kota di Indonesia.

Bagi yang sering kebingungan dan nyasar saat traveling ke luar negeri, aplikasi ini akan sangat membantu. Aku juga menggunakan Citymapper saat keliling di Singapura. Meskipun tidak tahu rute jalan yang serba baru di negeri orang, karena ada Citymapper kemanapun jadi pede dan cepat sampai ke tujuan. Gimana sih cara pakainya? yuk simak mini tutorialnya.

1. Install “Citymapper – Transit Navigation” di Appstore.

Install

2. Saat buka aplikasi, kita langsung memilih kota pada daftar seperti gambar di bawah. Contohnya pilih Singapura ya.

Daftar Kota
Singapura

3. Setelah memilih kota, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Langsung saja pilih “Get Me Somewhere”

Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, kalian harus memahami ikon transportasi di bawah ini:

4. Selanjutnya adalah isi lokasi kalian pada kotak “Where are you coming from”. Contohnya aku isi dari Adam Road Food Centre.

Isi Lokasi Titik Awal Perjalanan

5. Lalu isi lokasi tujuanmu di kotak “Where are you going?“. Aku beri contoh ke Little India.

Isi Lokasi Tujuan

6. Setelah mengisi dua lokasi tersebut, akan muncul tampilan gambar di bawah dan pilih panah dalam lingkaran hijaunya.

7. Citymapper langsung menampilkan daftar rekomendasi perjalanan dengan berbagai transportasi yang akan digunakan.

Daftar Rekomendasi Perjalanan

Mulai dari naik MRT, LRT, bus, taksi, sepeda dan jalan kaki. Lengkap dengan ongkos dan waktu tempuhnya pada setiap rekomendasi. Sebagai contoh aku pilih rekomendasi termurah dan tercepat ya (yang aku lingkari). Hanya 18 menit dengan biaya 0,93 SGD.

8. Setelah memilih rekomendasi yang dilingkari, akan muncul seperti gambar di bawah:

Bingung dengan gambar di atas? gambar di atas adalah ringkasan tahap perjalanan kita mulai dari start point hingga ke tujuan. Tapi tenang saja, sesudah pilih “GO” Citymapper akan memandu secara detail dan bertahap sampai ke tujuan.

9. Citymapper mulai memandu dari titik awal perjalanan.

Tampilan Tahap Pertama

Pertama, kita dipandu untuk jalan kaki kurang lebih 7 menit ke Stasiun Botanic Gardens melewati pintu masuk di B-Bukit Timah Road. Setelah itu menuju peron kurang lebih 1 menit. Jika kita sudah sampai peron, tahapan pada gambar di atas akan otomatis bergeser ke tahap selanjutnya.

Tampilan Tahap Kedua

Kedua, tunggu MRT pada deretan DT (Downtown Line) – Expo yang akan lewat dalam 4 menit sekali.

Tampilan Tahap Ketiga

Ketiga, jika sudah duduk di MRT kita akan melewati 4 stasiun dimulai dari Stasiun awal Botanic Gardens lalu ke Stasiun Stevens, Stasiun Newton dan terakhir adalah tujuannya di Stasiun Little India.

Citymapper juga dilengkapi fitur alarm. Sehingga saat kita tertidur dalam perjalanan, aplikasi ini akan mengingatkan jika sudah sampai tujuan. Menonaktifkan alarm cukup matikan “Get off” Alert seperti gambar di atas.

Tampilan Tahap Keempat

Keempat, setelah turun di Stasiun Little India kita dipandu untuk jalan langsung ke Litte India dan sampailah di tujuan. Mudah bukan?

Awalnya memang terlihat rumittapi dengan dipakai berkililing kota sambil memahami aplikasi ini, setelahnya akan terasa mudah. Asalkan kita mengerti setiap ikon transportasi yang ditampilkan Citymapper.

Oh ya, kita juga bisa keluar dari aplikasi Citymapper saat masih dalam perjalanan. Citymapper tetap menampilkan perjalanan kita pada layar HP seperti gambar di bawah:

Lalu bagaimana caranya memberi vote di aplikasi, untuk kota-kota Indonesia? begini caranya:

Pertama, pilih ikon menu yang aku lingkari pada gambar di atas.

Kedua, pilih “Switch City” seperti pada gambar di atas.

Ketiga, pilih “Vote for Next City” seperti pada gambar di atas. Keempat, isi form vote dengan lengkap seperti gambar di bawah ini:

Form vote kota lainnya

Nah, sekarang nggak usah takut nyasar lagi jalan-jalan di negeri orang. Citymapper sangat membantu untuk menemani perjalanan kita. Selamat mencoba Readers! 🙂

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: